Lokasi Masjid Agung

Written by Disbudpar Banten on May 9th, 2011. Posted in Masjid Kuno

1. Masjid Agung Banten Jl. Raya Banten Lama, Desa Banten,   Kecamatan Kasemen, Kota Serang
2. Masjid Kasunyataan Jl. Raya Pelabuhan Karangantu Desa Kasunyatan, Kecamatan Kasemen, Kota Serang sekitar 2 km sebelah selatan Masjid Agung Banten.
3. Masjid Kenari Terletak di Kampung Kenari Kecamatan Kasemen, Kota Serang, Provinsi Banten
4. Masjid Pacinan Tinggi Terletak di Kampung Pacinan Desa Banten Kecamatan Kasemen Kota Serang. Terletak sekitar 500 m dari Masjid Agung Banten
5. Masjid Koja Berlokasi di Kampung Banten, Desa Banten, Kecamatan Kasemen, Kota Serang.
6. Masjid Agung Caringin Jalan Raya Labuan Carita,Kampung Caringin Desa Caringin, Kecamatan Labuan, Kabupaten Pandeglang
7. Masjid Agung Carita Jl. Raya Carita, Kampung Pagedongan, Desa Sukajadi, Kecamatan Labuan.
8. Masjid Pangeran Aria Singarajan Jl. Raya Pontang, Kampung Singarajan Desa Singarajan, Kecamatan Pontang, Kabupaten Serang
9. Masjid Cikoneng Jl. Raya Anyer Kampung Cikoneng, Desa Cikoneng, Kecamatan Anyer, Kabupaten Serang
10. Masjid Kuno Kaujon Kampung Kaujon Pasar Sore, Desa Serang, Kecamatan Serang, Kota Serang, Ibu Kota Provinsi Banten.
11. Masjid Kali Pasir Kampung Kalipasir (Pasar Lama) RT. 02 RW 04 No. 18 Kelurahan Sukasari, Kota Tangerang.
12. Masjid Pintu Seribu Jl. Raya Bayur, Kampung Bayur Masjid, Kelurahan Bayur, Periuk Jaya, Kota Tangerang.
13. Masjid Ario Bajo Jl. Raya Padarincang, Kampung Masigit, Desa Barugbung, Desa Padarincang, Kabupaten Serang

MASJID ARIA BAJO

Written by Disbudpar Banten on May 8th, 2011. Posted in Masjid Kuno

Dimana Letaknya.?

Bangunan mesjid ini terletak di Kampung Masigit Desa Barugbung Desa Padarincang Kabupaten Serang.

Bangunan Mesjid ini dapat ditempuh dengan jarak sekitar 22 km dari pusat ibu kota Provinsi Banten. Ditel Bangunan Aria Bajo. Bangunan Masjid ini memiliki luas tanah dan pekarangan 5.000 meter persegi ( 1000 x 50 m) masjid ini didirikan oleh salah seorang keturunan sultan Banten yang bergelar Pangeran Ario Bajo.

Atap masjid ini terbentuk undakan atau bentuk susun diatasnya terdapat hiasan yang disebut dengan “mustaka”. Mihrab masjid ini mempunyai ukuran tinggi sekitar dua meter, lebar satu meter, mihrab masjid ini sejak pertama kali dibangun sampai sekarang tidak mengaami perubahan kecuali bagian lantainya yang semula ubin diganti dengan tegel. Mimbar masjid Ario Bajo secara fisik telah mengalami perubahan total sejak tahun 1986. di sebelah utara masjid terdapat sebuah menara yang masih berdiri sangat kokoh dan belum pernah direhab.


MASJID PINTU SERIBU

Written by Disbudpar Banten on May 8th, 2011. Posted in Masjid Kuno

Bangunan mesjid ini terletak di Kampung Bayur Masjid, Kelurahan Bayur, Periuk Jaya, Kota Tangerang.


Bagaimana Bangunannya.?

Keunikan Masjid Nurul Yaqin adalah memiliki pintu yang sedemikian banyak sehingga masjid ini disebut juga Masjid Pintu Seribu. Menurut keterangan, masjid ini didirikan pada tahun 1960 oleh Al Faqir Mahdi Hasan yang berasal dari Batu Ceper, Tangerang. Pada bulan Ramadahan atau pada hari-hari besar Agama Islam lainnya, masjid ini banyak dikunjungi masyarakat baik untuk beribadah atau hanya untuk melihat keunikan masjid tersebut.


MASJID KALIPASIR

Written by Disbudpar Banten on May 8th, 2011. Posted in Masjid Kuno

Masjid ini terletak di Kampung Kalipasir (Pasar Lama) RT. 02 RW 04 No. 18 Kelurahan Sukasari Kota Tanggerang.

DETIL BANGUNAN MASJID KALIPASIR.

Masjid ini didirikan pada tahun 1700 oleh Tumenggung Pamit Wijaya yang berasal dari Kahuripan Bogor. tahun 1712 kepengurusan masjid dilanjutkan oleh Puteranya yang bernama Raden Bagus Uning Wiradilaga untuk melengkapi masjid maka dibangun menara di sebelah utara bangunan utama ruang utama shalat berbentuk empat persegi dilapisi keramik berwarna putih atap masjid memiliki atap utama berbentuk piramida dan atap bagian luarnya seperti atap rumah pada umumnya.


MASJID KUNO KAUJON

Written by Disbudpar Banten on May 8th, 2011. Posted in Masjid Kuno

Masjid Kuno ini terletak di Kampung Kaujon Pasar Sore, Desa Serang Kecamatan Serang, ibu kota Provinsi Baten. Bangunan Masjid ini berdiri di atas pondasi masif yang tingginya 60 cm dengan ruang utama mesjid berbentuk empat persegi dengan ukuran 10 x 10 m, dilapisi tegel berwarna putih.

Ruang utama masjid dibatasi dinding pada keempat sisinya. Mihrab terdapat pada dinding sebelah barat berupa ceruk tempat imam memimpin shalat. Masjid kuno Kaujon ini memiliki bentuk atap bertingkat yang bersusun tiga atap ke tiga memiliki mustoko dibagian atasnya. Di sebelah selatan terdapat tempat untuk sholat kaum wanita atau yang biasa disebut pawastren, pada ragam hias arsitektural pengaruh lokal terlihat pada komponen pelipit dan mustoko. pelipit biasa dijumpai pada bangunan candi, sementara mustoko banyak dijumpai pada bangunan tradisional Jawa.