Masyarakat Tradisional Baduy

Written by Disbudpar Banten on April 5th, 2011. Posted in Masyarakat Adat

Masyarakat tradisional Baduy terletak di Desa Kanekes Kecamatan Leuwidamar Kabupaten Lebak, berada di areal seluas 5.101 hektar, sekitar 38 km dengan waktu tempuh kurang lebih 1,5 jam dari kota Rangkasbitung.

Masyarakat tradisional Baduy merupakan suku yang unik, yang terbagi dalam dua bagian yaitu Baduy luar dan Baduy dalam, mereka hidup selaras dengan alam dan menghindari kehidupan dunia modern. Mereka tidak boleh sekolah, memelihara ternak yang berkaki empat, berpergian dengan kendaraan, menggunakan alat elektronik, dengan mata pencaharian utama masyarakatnya adalah bercocok tanam padi huma.

Kekaguman untuk menggambarkan komunitas masyarakat tradisional Baduy, tidak hanya pada masyarakat dan tata nilai budaya yang sampai saat ini masih dipertahankan keaslianya. tapi keidahan alam Baduy pun menyimpan mutiara yang menakjubkan yang akan membangkitkan kagum pengunjung.

Dengan panorama alam yang indah, nyaman dengan suasana udara sejuk, akan membawa kita pada suasana alam pedesaan yang disekelilingnya mengalir


Masyarakat Adat Citorek

Written by Disbudpar Banten on April 5th, 2011. Posted in Masyarakat Adat

Seperti halnya masyarakat adat Cisungsang atau masyarakat tradisional Baduy, masyarakat adat Citorek memiliki karakteristik yang hampir sama