Wisata Kuliner Taman Sari Kembali Dibangun

Written by Disbudpar Banten on May 12th, 2011. Posted in News

SERANG, (KB).-
Wisata Kuliner Taman Sari, akan kembali dibangun untuk tahap kedua. Rencananya, pembangunan tahap kedua ini bentuknya hanya penyempurnaan dari tahap pertama. Jumlah salter yang akan dibangun sama dengan tahap pertama yaitu 41 unit, rehab pos jaga, rehab keramik kolam, paving blok, kantor pengelola, dan kantor pengelola.

“Pada tahap kedua ini, penyempurnaan dari tahap pertama. Kami ingin menata supaya para pengunjung yang datang lebih nyaman,” ungkap Kepala Seksi (Kasi) Promosi dan Pariwisata Disporaparbud Ratu Ani Nuraeni, kemarin.

Dalam pembangunan tahap ke dua ini, ungkap Ratu, dialokasikan anggaran senilai Rp 666 juta dari APBD Kota Serang. Pembangunan tahap kedua tersebut, ditargetkan rampung Agustus 2011, bertepatan dengan Ramadhan.

“Kami ingin, saat pembangunan tahap kedua ini rampung, bisa dijadikan momen berbuka puasa bagi warga. Jadi, warga Kota Serang khususnya, tidak usah repot mencari makanan untuk berbuka puasa,” katanya.

Ratu menuturkan, dari 41 salter yang tersedia, sudah ada 142 pedagang yang mendaftar. Akan tetapi, Disporabudpar lebih mengutamakan warga Kota Serang, yang menjual makanan khas Kota Serang atau yang belum dijual pedagang di Taman Sari.

Ratu juga mengatakan, pembangunan wisata kuliner, dalam upaya melestarikan makanan khas Banten. Akan tetapi, upaya melestarikan makanan khas Banten, bukan hanya tanggung jawab pemkot, tetapi juga perlu keterlibatan masyarakat. Pemerintah, kata Ratu, hanya dapat memberikan wadah dalam melestarikan makanan khas Banten, seperti wisata kuliner.

Menurut Ratu, dengan adanya Taman Sari, warga Kota Serang, umumnya Banten, lebih mengenal dan melestarikan makanan khas daerahnya. Pasalnya, selama ini khususnya kaum muda lebih mengenal makanan luar negeri yang serba instan, dibandingkan makanan khas daerahnya.

“Makanya, kami terus melakukan penataan tempat wisata kuliner Taman Sari, yang bisa dijadikan ikon bagi para pengunjung dalam mencari makanan khas Kota Serang,” katanya Ratu, (11/5). (adv)***

(Kabar Banten, 12 Mei 2011)


Trackback from your site.

Disbudpar Banten

bantenculturetourism.com

Leave a comment