Wisata Budaya di Kampung Badui

Written by Disbudpar Banten on May 30th, 2011. Posted in News

SAAT ke Lebak, rugi jika tidak sekalian mengunjungi suku Badui dan melihat keseharian mereka.Masyarakat suku Badui yang bermukim di Gunung Kendeng, Desa Kanekes,Kecamatan Leuwidamar,Kabupaten Lebak, sampai saat ini tetap mempertahankan adat istiadat secara turun-menurun.

Masyarakat yang enggan mengikuti budaya modern ini umumnya bermukim di aliran Sungai Ciujung. Masyarakat Badui terdiri dari dua kelompok sosial,yaitu masyarakat Badui Dalam dengan ciri pakaian berwarna putih dan masyarakat Badui Luar dengan ciri pakaian berwarna hitam.

Masyarakat Badui Dalam memiliki karakteristik tersendiri. Konsep hidup mereka sepenuhnya tertumpu pada filosofi “lojor teu meunang dipotong, pondok teu meunang disambung”( panjang tidak boleh dipotong, pendek tidak boleh disambung). Sedangkan masyarakat Baduy Luar, kehidupannya sedikit lebih terbuka.Namun,keseharian mereka tetap patuh dan taat menjalankan perintah adat.

Misalnya, mereka sangat menjaga kelestarian hutan di kawasannya. Alhasil, hingga kini 125 sumber mata air yang mengalir ke Sungai Ciujung tetap terjaga kelestariannya. Kepala Dinas Budaya dan Pariwisata Banten Egi Djanuiswati mengatakan,Badui tidak menjadi target eksploitasi wisata di Banten. Namun, Badui sebagai bentuk kearifan lokal yang sangat menarik diperhatikan karena masyarakatnya selalu menjaga budaya secara turun- menurun.

”Warga Badui juga sangat menjaga kelestarian lingkungan,” kata Egy pertengahan pekan ini. Saat ini yang menjadi sasaran pengembangan adalah meningkatkan kualitas tenun Badui.”Kita telah memberikan pelatihan kepada perajin di Badui untuk meningkatkan hasil tenunnya agar dalam pewarnaan bisa awet dan kualitas produksinya bias meningkat,” ujarnya.

Bahkan, di Desa Ciboleger, desa perbatasan dengan kawasan Badui,telah dikembangkan berbagai fasilitas.Misalnya, internet dan penataan fasilitas lain untuk mendukung kebutuhan tamu yang datang. (teguh mahardika)

(Seputar Indonesia, 28 Mei 2011)


Trackback from your site.

Disbudpar Banten

bantenculturetourism.com

Leave a comment