Peringatan Krakatau

Written by Disbudpar Banten on March 1st, 2012. Posted in News

Momentum Tarik Wisman

PERINGATAN meletusnya Gunung Krakatau pada 1883 merupakan momentum dalam mempromosikan pariwisata  Banten. Dengan demikian, bisa menarik wisatawan mancanegara.

Demikian terungkap saat Wakil Gubernur Banten Rano Karno menerima kunjungan dari Konsulat Jenderal (Konjen) RI untuk Australia di ruang wakil gubernur, Rabu (29/2) kemarin. Rombongan Konjen RI untuk Australia dipimpin langsung Konsul Jenderal (Consul General) Gary RM Jusuf didampingi Konsul Konseler Fahmi Jamaludin.

Dalam pertemuan tersebut, Gary mengatakan, kedatangannya ke Banten dalam rangka penjajakan potensi investasi, terutama dalam bidang pariwisata. Menurut Gary, Banten yang terletak di ujung barat Pulau Jawa memiliki potensi pariwisata yang sangat besar, salah satunya Gunung Anak Krakatau. Gary mengaku, Konjen RI untuk Australia berminat membantu Pemprov Banten dalam event peringatan 130 meletusnya Krakatau. “Saya sangat dukung sekali ide ini, dan kami ingin bantu Pemprov Banten dalam penyelenggaraan event itu,” ujar Gary.

Menurutnya, bantuan dalam bentuk menjual alias mempromosikan potensi pariwisata tersebut kepada pemerintah Australia termasuk kepada masyarakatnya. “Kami harap, banyak warga Australia yang berminat datang pada event itu,” katanya.

Saat ditanya konsep event, Gary mengaku, masih belum mengetahuinya. Pasalnya, kedatangannya kemarin baru penjajakan. “Nanti kita bahas lagi lebih lanjut,” ungkapnya.

Menurut dia, Krakatau memiliki daya tarik besar untuk menarik wisatawan mancanegara, terutama dari Australia. Namun, Gary tidak dapat memastikan berapa banyak wisatawan yang akan datang untuk menyaksikan event peringatan 130 tahun meletusnya Gunung Krakatau.

Selain Krakatau, potensi pariwisata lain yang akan dijual Komjen RI untuk Australia adalah Pantai Sawarna, Kabupaten Lebak. Pantai tersebut selama ini banyak dikunjungi wisatawan asing untuk bermain surfing. Namun, kunjungan wisatawan asing itu tidak sebanyak di Bali. “Kami akan coba kembangkan potensi itu dan promosikan ke pemerintah Australia serta masyarakatnya. Jika mereka berminat, tidak menutup kemungkinan akan menanam investasi di sini,” tuturnya.

Sementara, Wagub Banten Rano Karno mengaku menyambut baik dukungan Konjen RI untuk Australia yang akan mendukung perayaan 130 tahun meletusnya Gunung Krakatau. Menurut Rano, Krakatau merupakan salah satu potensi pariwisata yang dikenal di mancanegara. Itu sebabnya, momentum bertepatan pada 130 tahun meletusnya gunung berapi tersebut akan dijadikan sebagai momentum menarik wisatawan mancanegara. “Dengan begitu, Banten bisa dikenal masyarakat luar negeri. Dari momen itu kita pun bisa mempromosikan potensi lain,” katanya. (Maksuni/KB)***

(Kabar Banten, 1 Maret 2012)


Trackback from your site.

Disbudpar Banten

bantenculturetourism.com

Leave a comment