Akses ke Tanjung Lesung Dipermudah

Written by Disbudpar Banten on May 21st, 2013. Posted in News

PANDEGLANG – Guna mempermudah akses para wisatawan untuk mengunjungi Tanjung Lesung Beach Resort dan Hotel, pihak pengelola sedang membangun dermaga kapal pesiar. Rencananya, pada September mendatang, dioperasikan bersama landasan pesawat kecil.

Rocky Oetomo, Resort Management Tanjung Lesung, mengatakan bahwa dermaga bagi kapal pesiar ini berkapasitas 10 penumpang dan landasan pesawat terbang sepanjang 1.200 meter persegi. “Landasan diperuntukkan bagi pesawat kecil dengan kapasitas penumpang 18 orang-20 orang. Rencananya, September mendatang, beroperasi,” katanya, Sabtu (27/4).

Menurutnya, dengan tersedianya berbagai akses jalur transportasi menuju Tanjung Lesung, akan meningkatkan jumlah wisatawan sebanyak 15 persen hingga akhir tahun 2013. Saat ini, sekira 500 wisatawan mengunjungi Tanjung Lesung setiap minggu. “Dengan adanya akses tersebut, bisa meningkat menjadi 650 wisatawan per minggu,” kata Rocky.

Tanjung Lesung dengan luas 1.500 hektare dilengkapi dengan berbagai fasilitas, seperti beach resort, vila, green coral camping ground, Sakna Colan Marina, dan beach club. Fasilitas yang disediakan memanjakan wisatawan yang menghabiskan liburan di tempat tersebut. Di kawasan wisata ini, pengunjung bisa melakukan berbagai aktivitas seperti snorkeling, banana boat, jet ski, dan lainnya.

Management resort juga berencana akan mengembangkan fasilitas menuju Anak Gunung Krakatau dengan menggunakan speed boat yang memerlukan waktu sekitar 40 menit. Anak Gunung Krakatau merupakan cagar budaya warisan dunia. Rencananya, Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif akan mengusulkan kawasan Gunung Krakatau menjadi bagian dari Global Geopark Network yang berada di bawah naungan United Nation Educational Scientific and Cultural Organization (UNESCO). “Jika nanti ditetapkan, wisatawan di sekitar Gunung Krakatau akan meningkat menjadi empat sampai lima kali lipat,” kata Hendro, General Manager Tanjung Lesung Beach and Resort. (mg-21/run/dwi)

(Radar Banten, 16 Mei 2013)


Trackback from your site.

Disbudpar Banten

bantenculturetourism.com

Leave a comment